Thursday 21 November 2013

Tips Lowongan Kerja : Pilih-pilih lowongan


Hai teman2.... kali ini saya ingin memposting tips mengapa kita harus pilih-pilih lowongan. Dasarnya dari mana nih artikel kok  bisa terbit begini. Dasarnya adalah dari Situs lowongan kerja yang nampang disini. berikut ulasan saya.

Kalau kita perhatikan, ada banyak sekali lowongan terbit di koran, situs lowongan kerja bahkan media sosial. Nah, dari sini kita dapat temukan bahwa ada banyak sekali perusahaan membuka lowongan kerja terutama di situs lowongan kerja. Tapi ibarat orang belanja ke pasar, kalau semua dagang baju, kita justru bingung mau beli yang mana hehehhhe...sama juga dengan lowongan kerja, kalau yang sesuai kualifikasinya dengan kita itu banyak, agak ragu memilih yang mana. Saran saya, anda harus pilih-pilih lowongan yang sesuai.

  1. Siapkan dulu kualifikasi diri kita baru tandai lowongan. Anda kalau hanya wara-wiri liat lowongan di situs online itu seperti membuang-buang waktu saja. tapi sebaiknya siapkan resume anda dengan baik, master cover letter alias format surat lamaran anda dan hal lain yang menunjang. biasanya situs lowongan kerja telah menyediakan space untuk menyimpan data-data tersebut. Nah, kalau sudah disiapkan, baru save lowongan yang sesuai
  2. Save lowongan yang anda inginkan, tapi batasi wilayah yang ingin anda jangkau. Nah, ini gaya anak muda banget, yang penting menarik lamar aja, padahal belum tentu anda sanggup terlalu jauh dari kota atau tempat tinggal anda. Meskipun hujan emas di negeri orang, hujan batu di negeri kita, tetap negeri kita lebih baik dibesarkan. Saya rasa ini tidak ada salahnya. Anda harus pertimbangkan untuk membatasi region lowongan yang ingin anda sambangi.
  3. Kalau lowongan udah di save, tidak usah terburu-buru langsung melamar. sortir kembali menurut potensi diri anda. Bagi dulu dalam 3 level. Anda pilih prioritas tertentu misalnya potensi gaji. anda buat 3 kelompok (tinggi, sedang, dan rendah). Nah dari sana dapat anda tentukan sendiri mana yang lebih baik dilamar, biasanya yang tinggi gajinya butuh skill yang maksimal dan banyak lawannya. yang rendah tidak kalah pula tipuannya...
  4. Amati kembali lowongan tersebut, apakah anda akan berkarir disana atau cuma singgah. saran saya, temukan 1 perusahaan yang menjanjikan karir anda akan meningkat terus (minimal potensi kerja 10 tahun). Loh, kok tau ada potensi kerjanya?, mudah sebenarnya. Perusahaan tidak semuanya memiliki aturan yang baik, sesuai dengan standar pemerintah. minimal pastikan perusahaan itu memiliki jenjang karir yang bagus dan tidak mudah memecat karyawan.
  5. Karir tidak hanya melulu soal pekerjaan, tapi peluang belajar. Apa yang lebih berarti selain gaji dan tunjangan bagi seorang karyawan?, ilmu. Ya, ilmu itu penting dan harus terus dicari. Anda sebaiknya mengutamakan perusahaan yang memiliki divisi training atau setidaknya mau memberikan peluang training bagi karyawannya.
Sementara itu dulu artikel hari ini. semoga anda menemukan lowongan yang paling tepat ya... selamat bekerja... :)

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas peran aktif anda.... :)